Cinta adalah ..?



Ada yang bertanya kepadamu, "Apa itu cinta?". Pertanyaan yang mungkin hampir setua usia manusia. Maka katakanlah "Cinta adalah kebebasan". Seperti burung-burung terbang melintasi langit luas, meninggalkan musim-musim kecemaan.

Pejamkanlah matamu, nyalakanlah imajinasimu, lihatlah burung-burung yang terbang dan bermigrasi : cinta bukan tentang "bebas untuk" tetapi "bebas dari". Demikianlah burung-burung mencintai langit seperti mereka mencintai kebebasan.. bukan tentang bebas untuk terbang kemana saja tetapi bebas dari rasa cemas dan penderitaan yang harus mereka tinggalkan.

Jika cinta adalah kebebasan, bukan berarti kau bebas untuk melakukan apapun pada kekasihmu, tetapi bebas dari ancaman dan ketakutan untuk memilih siapapun yang kau cintai. Bukan bebas untuk menjadi (si)apapun, tetapi bebas dari tekanan dan rasa cemas untuk menjadi (si)apapun. bukan bebas untuk menindas dan melemahkan, tetapi bebas dari penindasan dan kelemahan. Bukan bebas untuk melakukan hal-jal diluar batas, tetapi bebas dari kegagalan untuk bertanggung jawab pada batas-batas antara dirimu dan kekasihmu. Ya buakan bebas untuk melampiaskan nafsu dan memenuhi kepentinganmu sendiri, tetapi bebas untuk rasa bersalah karena gagal membanggakan seseorang yang semestinya memang kau bahagiakan.

maka bukalah matamu, tumbuhkanlah sayap-sayap cintamu : Terbanglah melampaui bats-batas cakrawala..


Kemudian rasakanlah : aku mencintaimu , juga ibumu dengan kebebasan itu! 

0 komentar: