Hindari kesalahan ini dalam slide (1)

Slide Presentasi di sajikan untuk para audiens Anda. Agar Audiens Anda mampu menyerap ilmu, mengetahui informasi atau melakukan yang Anda sampaikan pada saat presentasi. Kemarin baru dapet kabar kalau waktu didepan presentasi dibelakang maenan hape, di tanya kenapa?, jawabnya presentasinya membosankan , hanya baca slidenya. Hehe...

Agar presentasi Anda memukau Audiens maka slide presentasi juga mempengaruhi. Ada hal-hal yang harus di hindari dalam mendesain slide presentasi Anda. Jangan lakukan hal-hal ini jika Anda tidak ingin Audiens meninggalkan presentasi Anda :

1. Hindari bullet point
Hal yang sering dilihat ketika presentasi disampaikan oleh banyak orang. Dan itu membosankan. Dalam buku Really Bad powerpoint , Sth Godin mengajak untuk tidak terpaku pada bentuk slide standar dunia, menggunakan bullet point. Banyak cara menyampaikan ide-ide Anda. Gunakan kreatifitas Anda.

2. Font terlalu kecil
Aturan umum yang bisa di pakai , minimal ukuran font 24 point dan maksimal 7 baris teks dalam slide.
Dengan aturan tersebut maka tulisan yang Anda tampilkan dapat terbaca oleh Audiens Anda yang paling belakang sendiri.

3. Efek suara
Sering dengar suara tepuk tangan ketika mengganti slide atau ganti tulisan dalam presentasi. Betapa hebohnya presentasi tersebut. Hindari efek suara yang tidak perlu. Menggunakan suara hanya jika Anda perlu atau menggunkan music , video.

4. Terlalu banyak teks
Slide presentasi itu bukan makalah yang di copy paste. Menyantunkan teks panjang kali lebar dan tinggi hanya akan membuat Audiens membaca dan tidak memperhatikan Anda presentasi. Gunakanlah kata kunci saja yang bisa menjadi alat bantu memahami.

masih banyak yang ingin saya bahas dalam bab ini. Di lanjut besok ya.. di tunggu..

0 komentar: