Kenali diri, Lawan dan Medan tempur Anda

Bertemu dengan orang baru, apa yang pertama Anda lakukan??. Menyapa dan memperkenalkan diri Anda kepada orang baru tersebut. Akan ada timbal balik juga dengan orang yang baru Anda kenal. Itulah hukum sebab akibat dari perkenalan.

Dalam dunia presentasi sebelum melakukan presentasi ada kalanya tahu Siapa yang mau jadi Audiens kita. Sehingga kita bisa menyiapkan informasi yang bisa dicerna dengan baik. Maka sebelum Anda presentasi kenali dulu Audiens Anda. Tak kenal maka tak sayang lho.

Mengenali Audiens tidak hanya tahu mereka klient, mahasiswa, pejabat atau masyarakat umum. Kita harus sedikit banyak tahu tentang nama, posisi diorganisasi, keputusan mereka untuk datang mendengarkan presentasi kita. Seorang presenter yang ingin berkesan di depan Audiensnya akan terlebih dahulu berusaha mengenali kepada siapa mereka berbicara dan menyesuaikan isi pembicaraannya.

Sun tsu mengatakan, " yang mengenali dirinya, mengenali lawannya dan mengenali medan tempurnya akan memenangkan sebuah pertempuran." Kenali diri Anda sebagai presenter , kenali lawan Anda yaitu Audiens dan Medan tempur Anda (Slide presentasi yang "wow") maka Anda akan memenangkan setiap presentasi.

Bagaimana membuat medan tempur Anda (Slide presentasi yang "wow")?? ikuti "WOW" Slide presentasi 19 Oktober 2013 di yogyakarta




0 komentar: