Bahan materi yang "WOW"

Presentasi sehebat public speaker handal seperti Mario teguh, Jamil Azzaini, Heri Smile, dan yang lain. Tentu tidak lepas dari bahan materi yang harus di persiapkan sebelumnya. Bahan materi ini bisa berupa, modul, catatan, dan slide presentasi. Bahan materi di ambil dari buku masing-masing presenter atau konten orisinil. Trainer memakai kartu nama berbeda dengan banyak orang. Kartu nama trainer yaitu buku. hehe...

Tarik nafas.. hembuskan.. Hari ini kita bahas tentang cara menyiapkan bahan materi. Mudah - mudah gampang untuk melakukan tahap ini. Yuks mari simak bareng - bareng.

1. Tentukan dahulu judul materi yang mau di bahas pada saat presentasi. Karena judul ini menentukan presentasi yang seperti apa yang Anda inginkan. Judul yang menarik membuat Audiens terpikat. Jangan panjang- panjang Maksimal 4 - 5 Kalimat saja Misal : Cara mudah menulis, Memikat buah hati

2. Ringkaslah bahan materi menjadi sebuah ide atau kalimat - kalimat mudah di ingat. Buatlah dalam urutan ke bawah. Semakin menarik kalimat Anda semakin Audiens mengena. Kalimat bisa berupa ajakan, quote, pernyataan dan lain sebagainya.

3. Baca kembali ringkasan bahan materi presentasi Anda

4. Tidak usah tergesa- gesa menampilkan ke slide Anda. Tentukan warna, gaya dan siapa Audiens Anda?? ini menentukan slide yang akan Anda desain nantinya.

5. Buatlah sketsa materi presentasi Anda dengan pilihan yang akan Anda tampilkan di slide. Gambar atau Teks ??. Jika menggunakan gambar maka cari gambar yang sesuai , bebas royalti dan tidak membuat gaduh. Jika menggunakan Teks maka tentukan kata yang menarik dan unik.

Nah, itulah persiapan bahan materi sebelum Anda presentasi dan sebelum mendesain slide yang memukau. Silakan Anda praktikan dan rasakan manfaatnya.



0 komentar: