Sempurna

Sudal lama tak mengunjungi pasar tradisional di daerah. Hiruk pikuk suara pedagang menawarkan barang yang sungguh luar biasa. Kesederhanaan , Polos dan Semangat untuk mencari uang demi anak untuk kehidupan lebih baik. Ada cerita menarik di waktu jalan - jalan ke pasar tradisional. 

Al kisah ada pedagang di pasar tradisional yang ahli dalam menilai kualitas emas. Ia sangat mengerti kualitas emas dengan melihatnya saja. Karena tersohor dengan keahlian tersebut terdengar oleh orang kaya raya yang ada di kampung sebelahnya. Orang kaya itu mempunyai koleksi emas terbaik yang ada di dunia. Koleksinya mengundang kagum banyak orang yang melihatnya sehingga si orang kaya tersebut sombong dengan semua yang di milikinya.

Suatu hari sang kaya raya mengundang pedagang yang ahli untuk melihat koleksi emasnya. Selain ingin menyombongkan koleksi emasnya , sang orang kaya ingin menguji kehebatan pedagang tersebut. 

Singkat cerita, sang orang kaya mengeluarkan semua koleksi untuk di periksa.Sebelumnya sang orang kaya berkata, "Hai kau pedagang katanya kau ahli dalam melihat emas terbaik, Coba katakan mana emas yang paling sempurna dari koleksiku ini. Yang nantinya akan saya wariskan kepada anak saya."  Mula-mula sang pedagang melihat satu persatu koleksi emasnya. Begitu banyaknya sehingga membutuhkan waktu berjam-jam. Sang orang kaya menunggu dengan agak cemas. Banyak orang yang datang untuk melihat dan sekedar tahu. 

Dua jam sudah berlalu dan sang pedagang berkata, "Mohon maaf , Pak.. Semua koleksi emas sudah saya lihat tetapi tak ada satupun yang sempurna menurut pengamatan saya."

sang orang kaya marah," Apa yang kau katakan?? emas ini saya bawa dari kalimantan, jerman, inggris dan prancis tapi kau bilang tak ada yang sempurna!!"

Dengan tenang sang pedagang menjawab," Maaf pak saya hanya pedagang emas di pasar yang mengutarakan pengamatan sesuai tugas yang di berikan bapak. Namun , seperti yang saya katakan tadi tidak ada yang sempurna untuk di wariskan kepada anak bapak, karena keistimewaan tidak lah sempurna jika hanya di lihat dari kemewahan. Kesempurnaan sejati sebenarnanya bukan muncul dari kemilau indah emas itu. Tapi perhatian dan waktu bapak untuk mempersiapkan anak bapak di kehidupan dewasa nanti yang terpenting."

Sang orang kaya tercengan mendengar ucapan sang pedagang tadi. Ia kini sadar bahwa koleksi emasnya yang sempurna tidak ada artinya di banding memberikan perhatian dan waktu terbaik untuk anaknya.

Banyak makna yang di peroleh dari cerita diatas. Kesempurnaan dalam hidup adalah relatif. Tetapi jangan menyalahkan bahwa mengejar sempurna itu salah malah itu kewajiban karena tanpa mengejar kesempurnaan maka kita tidak akan berkembang.

semoga bermanfaaat, Salam bahagia
Arif Indra Wanta

Jika mau ngonrol dengan saya follow saya di twitter @dr_want


2 komentar:

Alvian mengatakan...

selalu punya inspirasi, mohon kiat kiatnya ^_^

Unknown mengatakan...

Kiat2nya .. Mengambil hikmah d setiap detik hidup ini