Jumlah Slidemu Berapa??

Berapa banyak slide yang harus ditampilkan ketika tampil di depan ? idealnya berapa?? pertanyaan ini yang di tanyakan peserta saya pada Workshop #WOWSlidePresentasi batch 2. Sebelumnya bayangkan ketika Anda berdiri di depan pada situasi sebagai pembina upacara, mengajar sehari penuh di kelas SD, atau presentasi bisnis Anda di depan mitra. Situasi menentukan berapa banyak slide yang akan Anda gunakan ?? dan menggunakan slide atau tidak sama sekali.


Kebanyakan presenter menggunakan terlalu banyak slide. Itu yang membuat membosankan. Atau semua bahan ingin di letakan pada slide. Hoaaaam dan lihat jam tu Audience menggerutu "selesainya kapan ya?".
Perhatikan pernyataan berikut ini.
1. Powerpoint slides, like any visual aid, are support material for your message, not the message itself
2. Powerpoint slide are for your audience, not for you.
sumber : www.sixminutes.dlugan.com
 maksud pernyataan tersebut :
1. Slide Powerpoint adalah alat bantu visual, bahan pendukung untuk pesan Anda, bukan pesan itu sendiri.
2. Slide Powerpoint itu untuk audiens Anda, bukan untuk Anda.
Alih-alih pertanyaan yang ada diatas tadi, berapa banyak slide yang harus ditampilkan, pertanyaan yang tepat untuk bertanya adalah berapa banyak slide yang saya perlukan untuk mengkomunikasikan pesan saya kepada Audiens saya?.

Untuk setiap gagasan atau Ide Anda yang akan Anda tampilkan, tanyakan pada diri Anda pertanyaan sederhana ini : Dapatkah saya menyampaikan hal ini dengan jelas dengan kata-kata saja atau akan memanfaatkan dukungan visual?. Jika jawabannya TIDAK maka jangan menambahkan slide karena akan menambah waktu juga. Jika jawabannya IYA maka mungkin Anda menambahkan slide.

Menambah slide untuk presentasi menambah waktu untuk presentasi Anda. Butuh waktu bagi Audiens untuk memahami informasi dari slide dan sering butuh waktu juga bagi Anda untuk mengatur konteks dan menjelaskan maksud pada slide.

Gaya berbicara Anda mempengaruhi slide yang akan Anda tampilkan nanti. Jangan khawatir tentang jumlah slide Anda. Nancy Duarte bilang Jangan hitung SLIDE Anda tapi pastikan isi SLIDE Anda diperhitungkan .

Terimakasih, semoga bermanfaat.
Arif Indra Wanta






0 komentar: